BUPATI HSS KEMBALI SALURKAN BANTUAN SOSIAL UNTUK KECAMATAN TELAGA LANGSAT DAN KECAMATAN ANGKINANG

 






Terus konsisten untuk mensejahterakan masyarakatnya, Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M. AP kembali menyalurkan bantuan sosial Program Rumah Sejahtera (PRS) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) untuk Kecamatan Telaga Langsat dan Kecamatan Angkinang, Senin (29/11/2021) di Aula Kantor Kecamatan Telaga Langsat.
Penyaluran Program Rumah Sejahtera dan Usaha Ekonomi Produktif ini ditandai dengan penyerahan buku rekening secara simbolis oleh Bupati HSS didampingi Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad, S.AP, MA kepada perwakilan KPM dari kedua kecamatan tersebut.
Selain dihadiri Kepala Dinas Sosial Nordiansyah S.Sos M.Si, penyaluran bantuan sosial PRS ini turut disaksikan Camat Angkinang Sabillarasyad, S.Sos dan Camat Telaga Langsat Sar Ipansyah, SSTP, M.Si.
Kepala Dinas Sosial Kab. HSS Nordiansyah S.Sos M.Si menyampaikan program bantuan sosial akan terus dilaksanakan sekalipun adanya refocusing anggaran di masa pandemi Covid-19. Hal ini tentu dalam upaya untuk pencapaian visi dan misi Pemkab. HSS sesuai RPJMD Tahun 2018-2023.
“Ada dua program bantuan sosial yang akan disalurkan yaitu Program Rumah Sejahtera (PRS) sebanyak 266 orang KPM dengan jumlah anggaran Rp. 4.655.000.000,- dan Usaha Ekonomi Kreatif (UEP) penerima sebanyak 97 KPM dengan sejumlah anggaran sebesar Rp. 282.000.000,-“ ucapnya saat membacakan laporan
Lebih lanjut beliau menyampaikan untuk Kecamatan Telaga Langsat Penerima Bantuan Sosial Program Rumah Sejahtera sebanyak 40 KPM dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 700.000.000,- sedangkan Kecamatan Angkinang sebanyak 17 orang KPM dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 297.500.000,-
“Untuk penerima Usaha Ekonomi Produktif (UEP) di Kecamatan Telaga Langsat sebanyak 7 orang dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 21.000.000,- dengan jenis usaha warung, ternak ikan dan ternak itik. Sedangkan untuk Kecamatan Angkinang sebanyak 20 orang dengan jumlah anggaran sebesar Rp 60.000.000,- dengan jenis usaha pedagang keliling, warung, kios dan bengkel,” tuturnya
Kepala Dinas Sosial Kab. HSS juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati HSS dikarenakan dana bantuan sosial untuk Program Rumah Sejahtera (PRS) mengalami kenaikan yang sebelumnya sebesar RP. 13.908.000,- menjadi Rp. 17.500.000,-.
Terlihat, Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M. AP berdialog dengan para Keluarga Penerima Manfaat sembari bertanya akan digunakan untuk apa bantuan yang diberikan.
Bupati HSS mengatakan PRS sudah dimulai sejak tahun 2014 dan selama tujuh tahun berjalan sudah ada 6000 an rumah telah diperbaiki.
Bupati HSS juga meminta kepada para keluarga penerima manfaat agar selalu bersyukur kepada Allah SWT.
“Karena kita mencari rezeki jangan jauh dari Allah SWT, jangan kada ingat sembahyang, semakin kita bersyukur Allah SWT akan memberikan rezeki. Bupati hanya sebagai perantara. Sesibuk apapun pian, Allah SWT jangan ditinggalkan,” harap Bupati kepada KPM
PRS merupakan program Pemkab HSS yang masuk dalam Top 45 dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Briokrasi RI.
Artinya program ini diakui pakar bahwa program ini efektif diduplikasi serta diaplikasikan oleh siapapun atau daerah-daerah lain yang ingin memperbaiki rumah masyarakatnya.
Sebelum meninggalkan lokasi penyaluran, Bupati HSS dan Wabup menyapa Sarjana Pendamping Desa (saMping deSa) Kecamatan Angkinang dan Telaga Langsat, untuk memberikan apresiasi terhadap partisipasi mereka dalam membantu pelaksanaan bantuan sosial di wilayah tugas masing-masing.
sumber : (KOMINFO/HSS/SR/2021)




Komentar

Postingan Populer