Wujudkan Rumah Layak Huni dan Dukung Modal Usaha Masyarakat, Wakil Bupati HSS Serahkan Bantuan PRS dan UEP di 4 Kecamatan














Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan kembali menyalurkan bantuan sosial Program Rumah Sejahtera (PRS) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Kab HSS Tahun 2021. Hari ini bantuan ditujukan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) wilayah Kec. Sungai Raya, Kec. Angkinang dan Kec. Telaga Langsat yang dilaksanakan penyerahannya di kantor Aula Kecamatan Sungai Raya dan di kantor Aula Kecamatan Angkinang. Jum’at (16/07/2021)

Penyaluran bantuan kali ini dilakukan oleh Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad, S.AP, MA dengan didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Kab. HSS Nordiansyah S.Sos M.Si. 

Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan mengawali giatnya untuk menyalurkan bantuan sosial di Kec. Sungai Raya dan dilanjutkan dengan penyaluran bantuan sosial di Kec. Angkinang.

Turut hadir pada acara tersebut Pimpinan Bank Kalsel Syariah Cabang Kandangan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Camat Sungai Raya dan Camat Angkinang.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Sosial Kab. HSS Nordiansyah S. Sos, M. Si menjelaskan penerima bantuan sosial PRS sebanyak 500 orang se Kab. HSS, namun setelah dilaksanakan verifikasi akhir tersisa 352 orang yang berhak menerimanya.

“Sebanyak 148 orang tidak bisa menerima bantuan sosial karena meninggal dunia, mendapatkan bantuan dari APBD provinsi dan dari desa, mendapatkan bantuan dari keluarga, atau sudah ada yang memperbaiki rumahnya sendiri oleh warga yang bersangkutan.Sedangkan untuk bantuan sosial program UEP tahun 2021 sebanyak 140 orang KPM, namun berdasarkan verifikasi akhir, hanya 106 orang yang masih berhak menerima bantuan sosial, sedangkan 34 orang dilaporkan tidak memenuhi kriteria. Ada yang sudah mampu, tidak ada lagi usaha yang dijalankan,sudah pernah mendapatkan bantuan sejenis atau meninggal dunia.  Untuk penerima PRS dari Kecamatan Sungai Raya sebanyak 67 KPM dan UEP 18 KPM, Kecamatan Angkinang penerima PRS 2 KPM dan UEP 16 KPM dan Kec. Telaga Langsat 1 orang penerima PRS dan tidak ada penerima UEP,” ucapnya

Dalam sambutannya kali ini, Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad, S.AP, MA menyampaikan bantuan PRS dan UEP yang diberikan adalah bagian dari visi dan misi kepala daerah dan wakil kepala daerah periode 2018-2023 untuk membantu masyarakat yang rumahnya belum layak huni dan ekonominya kurang kuat dikuatkan, sehingga punya penghasilan yang lebih dari sebelumnya.

“Seperti halnya yang bupati sampaikan bahwa diharapkan seluruh warga masyarakat HSS sudah bisa menikmati rumah yang layak huni atau mendekati rumah sehat. Tidak hanya layak namun sehat karena dilengkapi dengan sarana MCK yang memadai. Semoga bantuan diberikan menjadi keberkahan dunia dan akhirat sesuai dengan visi dan misi daerah” ucap Wabup

Lebih lanjut Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan menyampaikan untuk program bedah rumah melalui program PRS ini masih ada sekitar 1.300 rumah yang belum diperbaiki, dan akan direalisasikan hingga 2023 mendatang secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

“Ke depan kita akan terus berupaya mensejahterakan masyarakat melalui program-program sosial, ” tuturnya

Di akhir sambutan tidak lupa juga Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad, S.AP, MA menekankan dan berharap kepada para penerima bansos bahwa untuk tetap mentaati Protokol Kesehatan selama Pandemi ini belum berakhir dengan menerapkan 5M, Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menghindari Kerumunan, Menjaga Jarak, dan Mengurangi Mobilisasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEPALA DINAS SOSIAL SALURKAN BANTUAN SANTUNAN KORBAN KEBAKARAN

PROFIL DINAS SOSIAL KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN