Bupati Salurkan Bantuan Sosial PRS dan UEP Tahun 2021 Tiga Daha











Selasa (13/07/2021), Bupati Hulu Sungai Selatan Drs H Achmad Fikry MAP didampingi Wabup Syamsuri Arsyad SAP MA dan Kepala Dinas Sosial Nordiansyah S Sos M Si secara simbolis menyalurkan bantuan sosial Program Rumah Sejahtera (PRS) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Kab HSS Tahun 2021 kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk wilayah Kecamatan Daha Utara, Daha Selatan dan Daha Barat, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Daha Utara.
Turut dihadiri Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Ika Aguspiannor H S Sos MIP, Kabid Dinas Kominfo, Camat Daha Utara H. Syamsuri, SSTP, M.Si, Camat Daha Selatan, Nafarin SSTP, M.Si, Camat Daha Barat Ahmad Yani,S.Sos, M.IP dan Pimpinan Bank Kalsel Syariah Kandangan Khalid V Ramadhiani.
Kepala Dinsos Kab HSS Nordiansyah melaporkan dalam APBD Murni Kab HSS Tahun 2021 ini, telah diusulkan penerima bantuan sosial PRS sebanyak 500 orang, namun setelah dilaksanakan verifikasi akhir tersisa 352 orang yang berhak menerimanya.
Sebanyak 148 orang tidak bisa menerima bantuan sosial karena meninggal dunia, mendapatkan bantuan dari APBD provinsi dan dari desa, mendapatkan bantuan dari keluarga dan bahkan sudah ada rumahnya yang diperbaiki sendiri oleh warga yang bersangkutan. Adapun besaran bantuan sosial PRS 13.908.000 per KPM.
Sedangkan untuk bantuan sosial program UEP tahun 2021 sebanyak 140 orang KPM, namun berdasarkan verifikasi akhir, hanya 106 orang yang masih berhak menerima bantuan sosial, sedangkan 34 orang dilaporkan tidak memenuhi kriteria. Ada yang sudah mampu, tidak ada lagi usaha yang dijalankan,sudah pernah mendapatkan bantuan sejenis dan meninggal dunia. Besaran bantuan untuk program UEP ini antara Rp 2.700.000 – Rp 3.000.000 per KPM.
Untuk penyaluran bantuan sosial hari ini, Noordiansyah menyebut penerima berasal dari Kec Daha Utara, Daha Selatan dan Daha Barat.
Untuk Kec Daha Utara penerima Program PRS sebanyak 18 KPM dan program UEP sebanyak 5 KPM. Daha Selatan penerima program PRS sebanyak 31 KPM dan program UEP sebanyak 4 KPM Sedangkan dari Kec Daha Barat untuk penerima PRS sebanyak 23 KPM dan untuk program UEP tidak ada yang diusulkan, ucapnya.
Sementara dalam sambutannya, Bupati menjelaskan bahwa program bantuan sosial ini merupakan upaya pemerintah untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat baik yang rumahnya belum layak huni maupun kepada masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya. Harapan pemerintah tentunya melalui program PRS secara bertahap masyarakat HSS seluruhnya mampu memiliki rumah atau tempat tinggal dan layak huni sedangkan dari program UEP mampu membantu penerima untuk mengembangkan usahanya, pendapatannya bertambah sehingga tingkat ekonominya semakin sejahtera.
Kepada penerima program PRS, Bupati meminta setelah penyaluran ini, penerima bisa langsung perbaiki rumahnya. Karena bantuannya tidak terlalu besar, dirinya berpesan untuk lebih memprioritaskan perbaikan rumah induk terutama ada wc. “yang penting hujan kada kehujanan, panas kada kepanasan dan nyaman guring” ujarnya.
Menurutnya dengan rumah yang layak huni, selain nyaman tidur tentunya juga nyaman untuk beribadah sebagai wujud syukur kepada Allah SWT.
Sementara kepada penerima program UEP, Bupati sangat berharap bantuan tersebut dapat digunakan sebaik-baiknya untuk mengembangkan usaha yang dijalankan penerima. Gunakan untuk tambahan modal untuk mengembangkan usaha, dengan pendapatan yang bertambah jangan lupa sisihkan untuk tabungan yang dapat dijadikan modal tambahan kedepannya, pesannya.
Terkait dengan adanya program Vaksinasi untuk para KPM, Bupati mengungkapkan bahwa penerima semua program pemerintah harus divaksin, tentunya setelah melalui proses pemeriksaan kesehatan (screening). Ini hanya bentuk ikhtiar untuk meningkatkan daya tahan kelompok dan sosial dalam memutus mata rantai penyebaran Coviid-19 di Kab HSS.
Bupati mengucapkan terima kasih kepada Para Camat yang hari ini bisa membawa masyarakatnya untuk menerima bantuan, mudah - mudahan bantuan ini bisa bermanfaat untuk semua masyarakat, terima kasih juga kepada Bank Kalsel Syariah sebagai Bank penyalur program bantuan, termasuk potensi sosial, TKSK, Tagana yang ada di tiga daha yang selama ini membantu pemerintah mendampingi warga penerima program.



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL DINAS SOSIAL KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

KEPALA DINAS SOSIAL SALURKAN BANTUAN SANTUNAN KORBAN KEBAKARAN