BUPATI HSS KEMBALI SALURKAN BANTUAN PRS DAN UEP UNTUK KECAMATAN ANGKINANG & TELAGA LANGSAT
















Program Rumah Sejahtera (PRS) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) APBD Tahun Anggaran 2022 kembali disalurkan oleh Pemerintah Daerah, kali ini giliran wilayah Kecamatan Angkinang dan Kecamatan Telaga Langasat dalam penyaluran bantuan tersebut yang ditujukan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Rabu (3 Agustus 2022 M / 5 Muharram 1444 H).
Adapun penyaluran bantuan ini diserahkan langsung oleh Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP secara simbolis dengan didampingi Sekda Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP dan Kepala Dinas Sosial Kab. HSS Nordiansyah S.Sos, M.Si kepada penerima bantuan, bertempat di Gedung Serbaguna Kantor Kecamatan Angkinang.
Kepala Dinas Sosial Kab. HSS Nordiansyah S.Sos, M.Si dalam laporannya, menyampaikan penyaluran bantuan sosial pada APBD Tahun Anggaran 2022, program bantuan sosial untuk masyarakat kita yang kurang beruntung dapat terus kita laksanakan. “sekalipun adanya refokusing anggaran pada masa pendemi Covid 19 ini dan hal ini dalam rangka untuk pencapaian Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan sesuai RPJMD Kabupaten HSS tahun 2018-2023”,tambahnya.
“ada 2 program bantuan sosial yang akan kita salurkan pada hari ini, yang pertama adalah Program Rumah Sejahtera untuk Kabupaten HSS ada 155 orang penerima keluarga penerima manfaat untuk perekonomian sejahtera dengan nominal berjumlah 2 miliar 2.712.500.000”,ucapnya.
“Adapun untuk Kecamatan Angkinang penerima PRS sebanyak 13 orang dengan jumlah anggaran Rp.227.500.000,. dan Kecamatan Telaga langsat 5 PRS sebanyak 13 orang dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 227.500.000,”,tuturnya.
Disampaikan pula, Bansos kedua adalah usaha ekonomi produktif untuk Kabupaten berjumlah 149 keluarga penerima manfaat dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 431.000.000,. “untuk Kecamatan Angkinang penerima usaha ekonomi produktif sebanyak 23 orang dengan jumlah anggaran sebesar Rp.69.000.000,. dengan jenis usaha pedagang keliling, warung, kerajinan anyaman, bengkel dan ternak itik. Sedangkan untuk Kecamatan Telaga Langsat penerima usaha ekonomi produktif sebanyak 9 orang dengan jumlah anggaran sebesar Rp.27.000.000,. dengan jenis usaha pedagabg keliling, warung dan ternak itik”,kata Kepala Dinas.
“Adapun maksud dari pada program ini adalah untuk membantu keluarga dalam meningkatkan usaha yang telah mereka jalankan selama ini, dengan tambahan modal yang kita berikan diharapkan akan mendapatkan keuntungan dari usaha yang telah dijalankan dan pada gilirannya akan meningkatkan pendapatan kesejahteraan masyarakat”,jelasnya.
Mengawali sambutannya, Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP mengucapkan selamat tahun baru 1444 Hijriyah, “mudah-mudahan tahun ini lebih baik daripada dengan tahun-tahun yang sudah kita lewati bersama, khususnya kebaikan peningkatan iman dan taqwa kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala”,kata Bupati.
Dikatakan juga, Program Rumah Sejahtera ini adalah program Pemerintah Daerah yang diluncurkan sejak tahun 2014 sampai sekarang, jadi sudah memasuki tahun ke 8 yang sudah diperbaiki sebanyak 5.160 buah rumah belum termasuk yang diserahkan hari ini. “Mudah-mudahan tinggal setahun saya jadi Bupati dengan data yang sudah ada itu bisa terpenuhi, karena tidak bisa bersamaan harus bergiliran sesuai dengan kemampuan keuangan daerah”,ungkapnya.
Disampaiakan pula, bahwa Program Rumah Sejahtera di Kabupaten HSS berbeda dengan Program Bedah Rumah yang ada di kabupaten lain, karena kabupaten lain hanya membedah rumah, sedangkan yang dimiliki Pemkab HSS dengan Program Rumah Sejahtera, yakni rumahnya diperbaiki dan masyarakatnya yang ada didalam rumah pun ikut dibantu dengan berbagai bantuan. “Seperti Jaminan Hidup Lansia (Jadup Lansia) jika di dalam rumah tersebut ada lansia, Usaha Ekonomi Produktif (UEP) untuk bisa mengembangkan usahanya, Program Keluarga Harapan (PKH) untuk anak usia sekolah, dan BPJS Kesehatan agar bisa berobat secara gratis”,jelas Bupati.
Turut hadir Kepala Inspektorat Kab. HSS Ir. Rusmajaya, MT, Kepala Dinas Komunikasi & Informatika Kab. HSS Hj. Rahmawaty, ST, MT, Kepala Badan Keuangan Daerah Kab.HSS Drs. H. Nanang, F.M.N, M.Si, Pimpinan Bank Kalsel Syariah Cabang Kandangan Khalid Victor, R.M, Camat Angkinang Sabilarrasad, S.Sos dan Camat Telaga Langasat Sar Ipansyah, S.STP, M.Si. serta Para Samping Desa Kec. Angkinang dan Telaga Langsat.

Sumber : Kominfo HSS.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Dinas Sosial Kab Hss menggelar Upacara peringatan HUT ke-74 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan