Bupati HSS kembali Serahkan PRS dan UEP Untuk Kec Padang Batung dan Loksado










Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Sosial kembali menyalurkan bantuan sosial Program Rumah Sejahtera (PRS) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) 2022 untuk wilayah Padang Batung dan Loksado bertempat di Aula Kecamatan Padang Batung, Senin (29/07/22).

Penyaluran ini dilakukan Bupati HSS Drs H Achmad Fikry, MAP bersama Wakil Bupati Syamsuri Arsyad SAP, MA serta Sekda HSS Drs H.M. Noor, MAP untuk yang ketiga kali yaitu untuk wilayah Kecamatan Padang Batung dan Loksado.

Selain program PRS, ada juga bantuan sosial berupa bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang hari ini juga mulai disalurkan.

Kepala Dinas Sosial Nordiansyah melaporkan untuk program PRS dimana untuk Kab. HSS total penerima sebanyak 155 orang KPM dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 2.712.500.000 yang masing-masing KPM menerima Rp. 17.500.000. Untuk Kecamatan Padang Batung sendiri penerima program PRS sebanyak 14 KPM jumlah anggaran sebesar Rp 245.000.000, sedangkan Kecamatan Loksado sebanyak 9 orang KPM dengan anggaran sebesar Rp 157.500.000.

Sedangkan untuk bantuan UEP juga di laporkan jumlah penerima se Kab. HSS berjumlah 149 KPM dengan bantuan dana sebesar Rp. 431.000.000. Untuk Kecamatan Padang Batung sebanyak 37 orang KPM jumlah anggaran Rp 110.500.000 dengan jenis usaha warung, kios, pedagang keliling, ternak ayam, bengkel dan budidaya lebah kelulut. Sedangkan untuk Kecamatan Loksado berjumlah 1 orang KPM dengan jumlah anggaran sebanyak Rp. 3.000.000 dengan jenis usaha kios.

Tujuan program ini kata Nordiansyah adalah untuk membantu keluarga dalam meningkatkan usaha yang telah di jalankan selama ini dengan harapan dapat menambah modal yang diberikan untuk peningkatan pendapatan keluarga.

Bupati HSS H. Achmad Fikry mengatakan hari ini ia merealisasikan program bantuan sosial PRS dari Dinas Sosial yang merupakan lanjutan sejak tahun 2014 sampai sekarang termasuk disalurkan pula bantuan modal usaha UEP.

“mudah-mudahan dengan program ini rakyat kita juga bisa menikmati rumah yang layak huni, filosofinya adalah kalau pemimpin rumahnya layak huni maka rakyatnya juga layak huni, program ini sudah kami luncurkan sejak 2014 sampai sekarang dan sudah 5000 lebih yang di bangun” ujarnya.

Bupati juga mengungkapkan masih ada sisa sedikit lagi yang belum di bangun tapi bukan berati selesai karena sejak di mulai di 2014 ada rumah yang mulai rusak lagi. 

Kita rumah sejahtera beda dengan Kabupaten lain, karena kabupaten lain hanya bedah rumah, kalau kita HSS rumahnya diperbaiki dan masyarakatnya didalam rumah pun dibantu seperti jika di dalam rumah tersebut ada lansia maka akan diberikan jaminan hidup lansia, atau penghuninya masih produktif maka akan di bantu permodalan melalui UEP (Usaha Ekonomi Produktif) untuk ia bisa mengembangkan usahanya, atau jika ada anak usia sekolah maka akan di bantu melalui program PKH, untuk urusan kesehatannya di jamin dengan BPJS.

Tidak hanya pembagunan fisik saja yang dilakukan pemerintah, tapi ada yang tidak terlihat yang juga sangat dirasakan oleh masyarakat yaitu, adanya program rumah sejahtera, jadup, PKH, BPJS semesta, inilah yang harus terus kita kawal untuk kesejahteraan masyarakat, tutur Bupati.

"Kalau pemimpinnya menikmati rumah dinas, rakyat juga bisa menikmati rumah layak huni, inilah yang mendorong kami pemerintah agar masyarakat juga bisa menikmati hal yang sama", ungkap Bupati.

Untuk bantuan UEP, Bupati juga ingin bantuan ini bisa memunculkan kemandirian bagi keluarga penerima manfaat. Dari usahanya tersebut diharapkan bisa berkembang sehingga ekonominya bagus suatu saat ia bisa memperbaiki rumahnya sendiri.

Mudah – mudahan dengan bantuan pemerintah ini bisa meningkatkan pendapatan bagi masyarakat, bagi yang ingin mendirikan usaha dan permodalan silahkan gunakan bantuan Bank Pemerintah, jangan meminjam dengan rentenir, kalau rakyat butuh modal, gunakanlah Bank Pemerintah, gunakanlah peluang yang ada untuk menambah modal, ajak bupati.

Diakhir acara Bupati HSS berkesempatan  meninjau Usaha Ekonomi Produktif yang ada di depan Kecamatan Padang Batung.

Sumber : Prokopim Setda HSS

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dua Inovasi HSS Masuk Top 45 dan 15 Inovasi Pelayan Publik

KEPALA DINAS SOSIAL SALURKAN BANTUAN SANTUNAN KORBAN KEBAKARAN

PROFIL DINAS SOSIAL KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN